Friday 31 August 2012

Cake Tepung Ketan Campur



Senaaaaaang bisa balik lagi ke dapurku. Dua minggu sudah usai masa liburan. Sekarang waktunya balik lagi sibuk sibuk di dapur. Udah balik dari malang dari hari senin kemarin, tapi masih sisa capeknya. Cucian dan setrikaan bertumpuk...rumah berdebu, aiiiiiiihhhh...


Hari ini aku sempatkan bikin cake tepung ketan campur. Tepung ketan campur ??? apa maksudnya? maksudnya campuran tepung ketan hitam dan tepung ketan putih. Hehe...ribet banget ya. Niat awalnya emang mau bikin cake tepung ketan hitam...ngiler ama postingannya Ummu Fatima dan reviewnya yang bilang kalo semua pada suka karena kelegitannya. Tapi apa daya...dulu waktu pesan sama ibu penjual di pasar...kayaknya dicampur ama ketan putih karena warnanya emang nggak hitam. Dibilang putih enggak, hitam enggak, abu abu juga enggak....hwaaaaaa.....

Dulu malah tepung ini udah pernah aku bikin kue ku ketan hitam dan putri ayu ketan hitam...tapi ya seperti diduga warnanya kurang cantik laaaahhh. Kalo rasa sih ya tetep endang lah yawww...

Makasih ya ummi resepnya...cakenya jadi favorit keluargaku juga. Tetap ngembang kayak cake biasa tapi dengan tendangan rasa legit ketan hitam...resep aslinya dari Sajian Sedap. Aku bikinnya setengah resep aja ngikutin Ummu Fatima heheeeeee...

Bahan :
- 3 butir telur ayam
- 120 gr gula pasir halus 
- 1/4 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh emulsifier (mis : sp/tbm)
- 125 gr tepung ketan hitam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 100 gr margarin dilelehkan (aku pake minyak jagung)
- 1 sdm susu kental manis putih


Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula pasir halus, garam, dan emulsifier sampai mengembang.
  2. Tambahkan tepung ketan hitam, baking powder, dan vanili bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Masukkan margarin leleh dan susu kental manis putih sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  4. Tuang di loyang brownie yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  5. Kukus 25 menit sampai matang dengan api sedang.


3 comments:

Kiki maria said...

Saya senang sekali dengan adanya blog dari mbak hesty ini..
saya adalah seorang calon mama, dan anak dari seorang ayah yang sakit ginjal..
saya selalu mencari menu sehat, seperti sy juga mulai menekuni bisnis kue kukus untuk dijual, meskipun masih sangat baru, tapi saya sangat berminat..
seringkali di saat saya stress, sy akan agak terobati dengan membaca blog mbak hesty ini, membantu sy sejenak melupakan masalah saya..
boleh kita saling bertukar alamat email mbak?
mbak sangat menginspirasi saya, meskipun mungkin bagi mbak ini adalah hal sepele..
saya ingin dapat mencari info lebih lanjut dari mbak untuk bisnis cake kukus yang sangat sy impikan, meskipun dipasaran kurang peminatnya..
mohon dapat membalas di email sya kikimaria86@yahoo.com
Terima kasih banyak mbak Hesty.

Anonymous said...

Mbak hesti saya mau tanya. Tepung ketan hitam itu di giling sendiri ya? Trus apa bisa resep kukus ini saya panggang? Atau klo ada bahan yg beda tolong dibantu mabk. Makasih

Hesti HH. said...

@Kiki Maria :Terima kasih mbak, Ceritanya sangat menyentuh...semoga sehat dan lancar lahirannya ya dan semoga papanya sehat kembali. Senang mbak kalo blogku bisa jadi inspirasi...walaupun sebenarnya masih banyak kekurangannya.

@Anonim : iya mbak beli ketannya lalu digiling di pasar. Kalau dipanggang saya rasa bisa mbak. Nggak bisa kasih masukan karena blm prnh coba juga. maaf ya mbak...

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...