Sunday 16 February 2014

Apam Beras (Apam Salju)



Masih mencari cari kue mangkok yang lembut kenyal sampailah aku di blognya Zila4ever dari Malaysia. Dulu dah pernah bikin versi tape singkong dan tape ketan hijau. Enak juga. Mekar juga. Tapi masih belum puas sih karena aku pernah makan yang lebih lembut dan agak  kenyal. Nah kali ini resepnya unik karena tidak menggunakan tape melainkan nasi. Makanya disebut kue apam beras. Nah terlepas dari sama atau tidaknya kue apam dan kue mangkok...aku tetap ingin menjajal resep ini karena kata beliau hasilnya gebu alias lembut sekali.

Aku membuat setengah resep saja mengikuti plek resep aslinya. Tapi kok adonan sepertinya terlalu kental ya. Sehingga aku menambahkan air lagi sekitar 100 ml dan sedikit gula. Nah sewaktu mengukus batch pertama kuenya naik tapi tidak mekar. Memang aslinya gak mekar sih. Nah karena aku penasaran bagaimana supaya apamnya mekar aku tambahkanlah 1/2 sdt baking powder. Aku kukus lagi tapi kok nggak mau mekar juga ya. Memang sih fermentasiku cuma 1,5 jam sedangkan resep aslinya 3 jam. Antara ngga sabar dan menghindari bau ragi yang berlebihan aku kukus saja setelah 1,5 jam fermentasi. Nah anehnya batch ketiga justru mekar semua dengan cantiknya. Bingung kan???

Teksturnya mirip banget dengan kue mangkok yang aku suka. Ada kenyal kenyalnya. Apa mungkin ini dari penambahan nasi di dalam adonannya ya? well kalau penasaran silahkan lihat resep aslinya di Zila4ever ya...


2 comments:

Unknown said...

Mbak pengen cobain ini resep tp kok ga ada ukuran gram nya/ timbangannya. Jd bngung nie..
hehehe
bs ga mbak kasih tau timbangan/ukuran utk bahannya
Tq

Hesti HH. said...

Bisa pake cangkir teh standar mbak, volumenya sama dgn cup metrix. Asal jangan mug yaaa

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...