Wednesday 10 December 2014

Pie Tape




Tape dibikin pie??? apa iya cocok? Ya cocoklaaaah...buktinya aku sudah coba dan hasilnya uenaaak. Sebenarnya ini cuman memadankan kue pie dan puding tape panggangnya mbak Atyk. Waktu aku posting puding tape panggang dulu ada pembaca yang bernama mbak Ayu Mulyasari komen dan bilang kalau beliau coba versi pie dan hasilnya enak. Nah hari ini daku juga ikutan bikin dah hasilnya bener enak. Pienya gurih dan renyah bersanding dengan puding tape yang lembut. Sekilas penampakannya sebelum ditambah kelapa atasnya seperti tar susu. Nah supaya tidak terlalu plain makanya aku tambahkan parutan kelapa di atasnya. Mirip keju ya bentuknya? memang kelapanya aku parut melawan serat dengan parutan keju. Setelah itu aku grill di oven. Hasilnya cantik bisa kering dan putih karena apinya kecil. Rasanya di atas pie tape ini juga enak wangi kelapa. Cuman panggang atasnya kurang coklat aja sih...jadi kelapanya terlalu pucat malah seperti keju parut >,<

Tapi beneran enak. Ide kreatif dalam mengolah tape. Makasih ya mbak Ayu tuk inspirasinya ^^




Bahan Pie :
- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 100 gr margarin
- 2 sdm gula halus
- 1/3 sdt garam
- 1 kuning telur
- 3 sdm air es (bisa kurang atau lebih)

Bahan Filling Tape :
- 125 gr tape singkong
- 100 gr gula pasir
- 310 ml santan
- 5 sdm terigu (agak munjung)
- 2 butir telur
- 50 gr margarin, lelehkan
- 2 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt vanili bubuk
 

Olesan :
- 1 kuning telur kocok untuk olesan
- kelapa parut kering/keju parut

Cara membuat :
  1. Campur, tepung, gula, garam. Aduk sampai rata. Tambahkan margarin. Aduk sampai tepung berbutir butir menyelimuti margarin. Tambahkan kuning telur sambil diaduk menggunakan garpu sampai berbutir-butir. Tambahkan air es sedikit-sedikit sambil diaduk sampai menggumpal. Bungkus cling wrap, simpan di kulkas 15 menit.
  2. Keluarkan dari kulkas, giling pipih dialas plastik supaya tidak melengket. Cetak menggunakan ring besar/kecil lalu pindahkan ke dalam cetakan pie (aku menggunakan satu loyang pai 18 cm + 7 loyang tarlet). Tusuk-tusuk garpu. Panggang 180C/360 F selama kurang lebih 15 menit. Sementara pie dipanggang buat adonan filling tape.
  3. Remas remas singkong dan gula pasir hingga lembut. Masukan telur dan margarin, aduk rata menggunakan whisk.
  4. Masukan terigu, susu dan vanili. Aduk hingga rata. Kemudian menyusul masukkan santan. Aduk sampai tercampur rata.
  5. Tuang di atas pie. Panggang kembali selama 15 menit (atau sampai permukaannya sudah agak set). Keluarkan. Olesi kuning telur dan taburi kelapa kering. Panggang kembali selama sekitar 15 menit.
  6. Angkat. Biarkan dingin lalu dipotong. Hias dengan cerry merah.


14 comments:

Eci said...

assalamu'alaikum.. mba hesti kalo ngaduk bahan pie smpe rata itu pake tangan langsung atau cukup pke garpu sj?

Unknown said...

Mba hesty,keliatan nya enak pie nya.. biasa saya buat pie susu aja.. pengen nyoba nih pie tape.. kebetulan ada tape singkong yg bagus,yg mau saya tanya kan,pake santan kara bisa ngak ya? atau harus santan kental beli dipasar mba? kelapa parut itu beli daging kelapa trus kita parut sendiri atau beli jadi ditoko kue? terima kasih...

Hesti HH. said...

@Eci : waalaikumsalam, kalau saya pake garpu dulu lalu pakai tangan pas mauk telur dan cairannya. Pakai tangan tapi gak diulen ya.

@Fina : bisa aja mbak tapi lebih enak santan asli. Kalau kelapa parut itu beli utuh lalu parut sendiri. kalau nggak ada bisa pake parutan keju atau kismis enak juga kok

Eka Atyk Murtiningsih said...

Kerennnn n yummy deh Hesti ^^ thank's review-nya yak, success for you...

Unknown said...

Mba hesty,saya uda coba buat pienya.. mau tanya mba,kenapa ya kulit pie ku bagian bawahnya ngak matang,pdhl saya oven dulu kulit,baru masukkan filling.. apa karena oven nya otang(oven kompor)? Trus pinggiran nya matang.. mba mau tanya kelapanya,kelapa muda atau kelapa yg dijual dipasar? Tadi saya pakai kelapa santan yg dikukur,trus saya oseng2 biar kering... setelah buat pie ini,saya lebih suka proll tape keju yg pake bahan susu cair... mba lebih suka yg mana ya? Thanks

Dapur Comel Selma said...

Nyooom enaknya niii...ngiler banged ma tape, disini nggak ada tape, hiks.
Mbak hesti, mau nanya ni, kalau misal kita bkin pie kayak apple pie pakai loyang gede tapi yg aluminium gimana cara melepas pie dr loyang ya, takutnya pas dilepas hancur semua. Sy jdi maju mundur terus ni mau bikin pie gede. Makasi sebelumnya mbak.

Hesti HH. said...

@Fina : mungkin karena beda oven mbak jadi oven mba butuh waktu lebiih lama ngoven kulitnya. Sekitar 20-25 menitan. Kelapanya pake yg stngh tua mbak supaya gak keras. Kalau masalah rasa beda ya enaknya. Kalau prol memang saya suka yg pake susu. Aslinya resep prol itu sbnrnya pakai santan cuma pas saya ganti susu tnyata lebih enak. Gak blenek.
Rencananya pingin coba pie tape versi susu. Nanti saya review lagi yaaaa

@Selna : loyangnya mbak Selma gak bongkar pasang kah? emang paling bagus bongkar pasang karena walaupun panas bisa dikeluarkan tanpa dibali. Nah untuk loyang yg gak bongkar pasang harus tunggu pienya dingin dulu sehingga permukaannya lebih set gak terlalu basah. Keluarinnya pun nggak dibali. Dimiringin aja sedikit. Nanti pienya lepas sendiri. Begitu lepas langsung dikeluarin perlahan mba tanpa dibalik

Unknown said...

ok dech mba hesty ditggu resep2 pie tape susu nya.. terima kasi juga selalu meluangkan waktunya buat membalas komen2 ku... thanks...

Hesti HH. said...

Makasih mbak Atyk....

Hesti HH. said...

Makasih juga mbak Finaaaa

Unknown said...

Mba hesty,mau tanya lagi.. mudah2an mba ngak bosan2 baca komen saya ya... mba kalau saya buat pie tape,resep kulit dari pie ini,trus filling nya proll tape yg pake susu bisa ngak mbak? rencana mau jualan,karena waktu dikasi ketemen2 nyoba semua suka... jd pengen coba dijual... ditggu balasan nya ya mba terima kasih mba...

Hesti HH. said...

Boleh aja mbak, tapi isiannya agak padet. Kalau mau pake resep di atas tapi santan diganti susu aja...

Ayu said...

Waaahhh akhirnya mba hesti memodifikasi jugaa
Enak kan mbaaa di jamin ketagihan..hihihi
Toppingnya pake kelapa oke juga tuh,aku kmrn cuma pake keju sm coklat *gk kreatif

Hesti HH. said...

hehe makasih ya mba Ayu. Daku malah mau coba yang keju lain kali....^^

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...